5 Cara Mengatasi Penuaan Dini yang Dapat Anda Lakukan

Penyakit penuaan dini menjadi salah satu masalah serius yang menyerang kulit seseorang. Penuaan dini ditandai dengan adanya banyaknya kerutan pada kulit wajah anda. Jangan salah, gangguan ini tak selalu menyerang orang yang sudah dewasa. Remaja pun bukan tidak mungkin bisa mengalami masalah tersebut.

Sesuai dengan namanya, gangguan kulit yang satu ini menandakan seseorang yang mengalami pengerutan kulit sebelum waktunya tiba. Jelas ini bukanlah masalah yang main-main, jika dibiarkan bukan tidak mungkin wajah semakin buruk rupa sehingga mengurangi kepercayaan diri anda.

Penuaan dini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya menjaga kebersihan dan kesehatan kulit, serta diperparah dengan gaya hidup yang tidak sehat. Selain itu jika anda terlalu sering terpapar sinar matahari tanpa memberikan perlindungan untuk kulit seperti penggunaan tabir surya juga membuat penyakit ini lebih mudah anda derita.

Cara Mengatasi Penuaan Dini Umur 17 tahun


Bagi anda yang tidak ingin mengalami penuaan lebih cepat dan ingin membuat kulit menjadi cerah bercahaya berikut beberapa hal yang harus dilakukan :

1. Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Air putih memang memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan tubuh seseorang. Termasuk juga kesehatan kulit yang selama ini menjadi kebutuhan banyak orang terutama wanita. Ketika usia sudah mulai tua maka kulit akan menjadi lebih kering, karena hal itulah diperlukan air putih guna mencegah agar tubuh anda tidak sampai dehidrasi dan kulit menjadi kering.

2. Tidur yang Cukup

Beraktivitas yang padat tanpa sekalipun melakukan istirahat tentunya tidak baik bagi kesehatan tubuh seseorang, termasuk juga kesehatan kulit. Sayangnya masih banyak orang yang belum tau bagaimana hubungan istirahat dengan kesehatan kulit. Di saat seseorang sedang tidur, kulit tubuh kita mengalami regenerasi sehingga kadar Melatonin semakin meningkat. Zat itulah yang berguna untuk mencegah penuaan dini. Disarankan bagi anda untuk tidur yang cukup selama 7-8 jam per harinya untuk mendapatkan kulit yang cerah dan juga awet muda.

3. Mengkonsumsi Sayuran dan Buah-buahan

Mengapa harus sayur dan buah? Kedua makanan ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan kita tau memiliki khasiat mencegah radikal bebas sehingga bisa menunda terjadinya penuaan pada kulit anda. Konsumsi sayuran dan buahan yang masih segar atau bisa juga suplemen vitamin atau mineral, niscaya masalah penuaan dini tidak akan menjangkiti kulit anda.

4. Selalu Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga kesehatan kulit sudah barang tentu menjadi hal wajib yang perlu anda lakukan untuk bisa terlihat awet muda. Perawatan kulit bisa dimulai dari kebiasaan yang sederhana seperti mencuci muka setelah bangun tidur, membersihkan wajah dengan pembersih, menggunakan pelembab, krim malam, dan juga tabir surya. Kebiasaan-kebiasaan tersebut membuat kulit menjadi bersih dan juga sehat sehingga penuaan dini bisa lebih diminimalisir.

5. Gaya Hidup yang Sehat

Pola gaya hidup yang sehat membuat kulit anda juga menjadi sehat. Hindari kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, apalagi sampai mengkonsumsi barang terlarang seperti pil dan narkoba. Radikal bebas bisa berkembang di dalam tubuh anda jika kebiasaan-kebiasaan tersebut terus menerus dilakukan. Makan yang teratur, istirahat yang cukup, rajin berolahraga, serta hindari stres yang berlebihan agar kulit Anda terlihat awet muda dan tidak muda terkena masalah penuaan.

Penutup



Nyatanya membuat kulit menjadi awet muda dan terhindar dari penuaan itu tidaklah sulit. Cukup dengan melakukan kelima hal diatas maka anda bisa merasakan hasilnya.

Comments

Post a Comment

Popular Posts